Kenapa Porsi Nasi Padang yang Dibungkus Lebih Banyak?

Nasi padang bungus

Kita tentu pernah menyantap masakan padang baik di warung sebelah jalan atau di rumah makan padang yang mewah. Rasanya yang penuh dengan rempah tentu cocok dengan selera orang Indonesia. Apalagi disediakan banyak seklai pilihan lauk.

Eh, tapi pernah sadar enggak, kalau porsi nasi padang saat makan di tempat dan dibungkus berbeda? Kalau dicermati lebih detail, saat dibungkus porsi nasi dan lauk jadi sedikit lebih banyak. Kira-kira kenapa ya, nasi padang yang dibungkus porsinya ditambah?

Bentuk solidaritas

Nasi padang bungus
Alasan pertama berawal dari sejarah panjang perjuangan Indonesia.

Kalau kita melihat sejarah, ternyata ada hubungan antara porsi nasi padang dan sejarah panjang Indonesia. Pada zaman penjajahan Belanda, porsi nasi padang ditambah sebagai bentuk solidaritas sebagai sesama penduduk asli Indonesia. Wah, solidaritas memang sudah tertanam lama di masyarakat kita, ya.

Ganti Pelayanan

Nasi padang bungus
Sebagai kompensasi pelayanan yang enggak didapat saat dibungkus.

Nah, salah satu alasan kenapa nasi padang yang dibungkus lebih banyak adalah sebagai ganti pelayanan. Saat dibungkus, tentu kita tidak akan mendapat pelayanan sebagaimana makan di tempat. Jadi sebagai kompensasi, nasi dan lauknya ditambahi ebih banyak.

Enggak perlu cuci piring

Nasi padang bungus
Dapat porsi lebih banyak karena enggak perlu mencuci piring.

Hal lain mengapa porsi yang dibungkus lebih banyak adalah ganti dari tenaga cuci piring. Sebagaimana kita tahu, mencuci piring bekas masakan padang sedikit lebih susah karena minyak dan bahannya. Nah, karena enggak cuci piring jadinya nasi ditambah juga.

Estetika bungkus

Nasi padang bungus
Siapa yang mengira kalau alasan dibalik bertambahnya porsi adalah biar bungkusnya bagus.

Dengan menambah porsi, penjual nasi padang jadi lebih mudah buat membungkus. Apalagi bentuknya jadi lebih estetik dan menarik. Coba deh perhatikan, cara membungkus nasi padang berbeda dengan nasi lainnya, iya kan?

Itu tadi 4 alasan mengapa  porsi  nasi padang lebih banyak ketimbang saat makan di tempat. Kalau tahu begini, mending makan nasi padang di tempat atau dibungkus? Kembali ke selera masing-masing ya.

Oiya, kalau emang jago masak dan bisa bikin masakan padang, coba deh masak pakai peralatan dapur dari Oshop. Banyak pilihan yang bisa dicoba dan dibeli. Kalau mau pengen tahu lebih banyak, kita bisa langsung mengunjungi situs web Oshop.

KOMENTAR

Leave a Reply